15
Oct
09

Pelatihan Menata Meja Altar di Wilayah IV

Hal 21“Lakukanlah ini untuk mengenangkan Daku”. Itulah sepenggal kalimat yang selalu diucapkan imam saat doa konsekrasi pada Perayaan Ekaristi. Kita semua tahu, Perayaan Ekaristi adalah sumber dan puncak kehidupan umat Katolik. Bukan hanya di gereja, di rumah pun kita juga sering menyelenggarakannya. Entah itu misa untuk pemberkatan rumah, misa syukur (ulang tahun/keberhasilan), misa kebangkitan (misa arwah) dan lain lain.

Sebelum misa dimulai, tentunya kita akan selalu disibukan dengan meja altar dan peralatannya. Namun tidak semua orang tahu, juga termasuk pengurus lingkungan, bagaimanakah cara menata meja altar dengan benar. Bertolak dari kenyataan itulah, Minggu, 2 Agustus lalu, di Wonoboyo, Sie Liturgi Wilayah Empat yang dikomandoi oleh Lilian Gowi menggelar acara pelatihan menata meja altar.

Acara yang dihadiri oleh mayoritas pengurus lingkungan itu dibuka dengan doa pembukaan yang dipimpin oleh Fransiska Sisilia S R kaling St. Aloysius. Setelah itu Rahadi yang siang itu bertindak sebagai instruktur mengawalinya dengan melempar berbagai pertanyaan untuk menguji sampai sejauh mana pengetahuan peserta pada materi siang hari itu. Bergiliran satu persatu peserta diminta untuk menunjukkan atau menyebutkan nama peralatan misa yang diminta oleh instruktur. Di luar dugaan ternyata lebih banyak peserta yang tidak tahu daripada yang tahu. “Kebanyakan kita hanya mengetahui barangnya tanpa tahu namanya” demikian komentar sebagian dari mereka yang tidak tahu.

Setelah itu barulah instruktur menerangkan satu persatu nama dan kegunaan beragam peralatan misa itu. Yang diantaranya adalah sibori, patena, piala, corporal, pala, ampula dan masih banyak lagi yang lainnya. Kemudian satu-persatu peralatan tersebut ditata di atas meja altar. Layaknya seperti mau dipakai misa. Setelah itu masing-masing lingkungan yang siang itu membawa peralatan misa sendiri mempraktekan menata meja altar tersebut dengan benar. 

Sebelum acara makan siang, Rahadi berbagi berkat dengan membagi bagikan buku “Lakukanlah Ini-Sekitar Misa Kita” kepada enam Ketua Lingkungan di Wilayah IV ini.

Pembekalan yang rencananya akan diadakan rutin dan berkesinambungan ini, memang sungguh sangat bermanfaat untuk menambah wawasan iman kita dan tentunya juga perlu mendapat dukungan penuh dari kita semua.

Theresia Margaretha

About these ads

0 Responses to “Pelatihan Menata Meja Altar di Wilayah IV”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: